Rabu, 21 Oktober 2020

Skema Rangkaian Amplifier TDA 2050 Single Supply Sederhana

Rangkaian power amplifier atau lazimnya disebut rangkaian penguat suara adalah sirkuit elektronika yang berfugsi menguatkan level sinyal audio input yang bersumber dari microphone atau device elektronika yang lain. Terdapat bermacam - macam power amplifier dengan kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Rangkaian power amplifier dapat dibangun dari komponen Transistor maupun Integrated Circuit (IC). Transistor biasanya digunakan untuk power amplifier yang berdaya sedang sampai berdaya besar. Sedangkan IC digunakan untuk rangkaian power amplifier daya kecil hingga daya sedang.

TDA 2050 Kit

Salah satu IC Amplifier yang paling lazim digunakan adalah IC tipe TDA. Ada beberapa jenis yang sering digunakan seperti TDA 2003, TDA 2030, TDA 2040 dan TDA 2050. IC jenis ini terkenal sangat bandel, praktis dan mudah ditemukan. Jika kita membongkar rangkaian sound Speaker kemungkinan akan menemukan salah satu jenis IC tersebut.

baca juga : Cara mudah membedakan Elco asli atau palsu

TDA 2050 adalah Integrated Circuit monolitik dengan kemasan Pentawatt dan termasuk dalam rumpun audio amplifier kelas AB. Karena mempunyai kapasitas daya sedang, TDA2050 mampu menyediakan daya true RMS hingga 35W ke dalam beban 4 ohm (THD = 10%, VS =18V, f = 1KHz) dan hingga 32W menjadi beban 8ohm (THD = 10%, VS =? 22V, f = 1KHz). Selain itu, TDA 2050 mampu digunakan pada 50W ke dalam beban 4 ohm selama 1 detik pada VS = 22.5V, f = 1KHz. 

TDA 2050 Package

Datasheet IC TDA 2050 dapat dilihat disini

Spesifikasi TDA2050 

  • High output power
  • High operating supply voltage
  • Single or split supply operations
  • Very low distorsion
  • Short circuit protection (out to GND)
  • Thermal shutdown

Skematik rangkaian 

Dibawah ini merupakan Skematik rangkaian power amplifier TDA 2050 dengan single supply. Maksud dari single supply adalah rangkaian ini hanya memerlukan polaritas positif dan negatif saja, sehingga daya input bisa menggunakan trafo biasa, trafo CT maupun dari baterai 12V. 

Skema rangkaian power amplifier TDA 2050 single supply sederhana
Skema Rangkaian

Beberapa tips sebelum membuat rangkaian :

  1. Sebaiknya buat rangkaian dengan Printed Circuit Board (PCB) yang kompak dan kecil sehingga mengurangi potensi Noise dari luar. 
  2. Sebaiknya pasang keping pendigin (heatsink) pada IC TDA 2050 untuk menghindari panas berlebih pada IC dan memberikan kinerja audio yang baik.

Tidak ada komentar:
Write comment