Jumat, 19 Juni 2020

Skema Rangkaian Power Supply Regulator 5V 5A CT dan Simetris Sederhana

Rangkaian Power Supply adalah sirkuit yang berfungsi menurunkan tegangan pada level tertentu untuk menyuplai berbagai perangkat elektronis. Tegangan pada perangkat elektronik bervariasi dari 3V sampai 24V. Sedangkan sumber tegangan seperti Baterai atau PLN berada pada level tegangan yang tetap.

Power Supply atau catu daya sering juga disebut sebagai Adaptor. Adaptor yang sering digunakan adalah adaptor 5V. Tegangan 5V banyak dipakai pada rangkaian yang berbasis digital dan Mikrokontroller. Selain itu banyak juga dipakai  sebagai sumber tegangan Relay maupun motor DC.

Power Supply Kit

Artikel sebelumnya telah membahas tentang Power Supply 5V dengan arus 1A dan Power Supply 5V dengan arus 3A. Pada beberapa rangkaian, Seperti rangkaian relay dengan banyak channel atau rangkaian display lampu elektronik. Biasanya power supply harus menyuplai arus hingga 5A.

Pada rangkaian dibawah ini digunakan IC regulator stabil 7805  yang terhubung dengan Transistor daya tinggi. Transistor ini adalah TIP3055 jenis NPN. Transistor ini mempunyai keunggulan dapat menyuplai arus lebih dari 5A. Tentunya semakin besar arus semakin besar pula panas yang dihasilkan, maka pada rangkaian ini sebaiknya memakai Heatsink atau pendingin pada Transistor.
TIP 3055 PinOut
Skema Rangkaian
Dibawah ini adalah tiga jenis skema rangkaian power supply regulator stabil dengan output 5V dan arus maksimal 5A:

1. Rangkaian Power Supply 5V Trafo Biasa/Engkel. Rangkaian ini menggunakan penyearah gelombang Penuh dengan 4 buah dioda jembatan (Bridge Rectifier).

Skema Rangkaian Power Supply 5V 5A Trafo Biasa/Engkel

2. Rangkaian Power Supply 5V Trafo CT. Rangkaian ini menggunakan 2 buah dioda sebagai penyearah gelombang penuh dengan bagian Center Tap (CT) sebagai Ground.

Skema Rangkaian Power Supply 5V 5A TrafoCT

3. Rangkaian Power Supply 5V Simetris. Rangkaian ini menggunakan penyearah jembatan untuk menghasilkan gelombang Positif dan negatif, serta Center Tap sebagai titik 0 (ground).

Skema Rangkaian Power Supply 5V 5A Simetris

Cara kerja Rangkaian
  1. Tegangan AC 220V akan diturunkan menggunakan Transformator menjadi sekitar 9V AC. Output yang dihasilkan masih AC sinusoidal.
  2. Tegangan 9V AC sinusoidal kemudian disearahkan kembali menggunakan dioda. Hasil output adalah gelombang DC dengan Riak (Ripple) yang besar.
  3. Gelombang ripple ini akan dihaluskan oleh Kapasitor Elco 3300uF dan 100nF sehingga outputnya adalah Tegangan DC murni namun tidak stabil.
  4. Tegangan DC ini lalu di stabilkan oleh IC 7805 yang diparallel dengan sebuah kapasitor 100uF. Output kaki 3 IC terhubung pada Kaki Basis Transistor.
  5. Dioda pada kaki 2 IC berfungsi untuk menambah tegangan output sebesar 0,6V sehingga tegangan output adalah 5,6V.
  6. Transistor akan jenuh sehingga tegangan output pada emitor akan sama dengan kaki basis namun berkurang 0,6V sehingga output kembali menjadi 5V DC dan arus maksimal 5 Ampere.



Tidak ada komentar:
Write comment